Disdukcapil “Jebol”

5 Agustus 2016 13:35

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jemput Bola alias “Jebol”, merupakan program unggulan satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang membidangi data administrasi kependudukan masyarakat Polewali Mandar ini.

Kepala Disdukcapil Polewali Mandar, Burhanuddin mengatakan, Jebol sudah mulai disosialisasikan kepada masyarakat akhir-akhir ini, salahsatunya di Desa Laliko, Kecamatan Campalagian, Kamis, (03/08) kemarin.

Jebol yang dimaksudkan, kata dia, dimana masyarakat tidak lagi ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil karena pihak dinas mendatangi masyarakat.

“Kita tadi ini sudah melakukan sosialisasi, jadi kita sekarang sudah menganut stencel active atau Jebol alias jemput bola. Jadi masyarakat diharapkan tidak datang ke kantor, tapi kita yang datangi dia,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi pembuatan kartu kependudukan yang dapat dicetak langsung di tempat tidak termasuk KTP (Kartu Tanda Penduduk), karena sifatnya Offline (jaringan tidak ada) dan percetakan untuk itu belum ada.

“Kalau KTP belum bisa kita lakukan, karena sifatnya Off line artinya jaringan tidak ada. Jadi kalau KTP harus Online, tetap percetakannya di kantor,” jelasnya.

Terkait pembuatan KTP yang belum bisa dilakukan di luar kantor, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Burhanuddin mengatakan, idealnya pembuatan(percetakan) KTP juga bisa dilakukan.

“Idealnya kita juga mau begitu, percetakannya juga bisa dilakukan untuk mempermudah masyarakat. Tapi perangkat belum siap,” terangnya.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, mengenai pengurusan kartu kependudukan. (bal/spy)